Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Ikut Berkontribusi Dalam Dunia Pendidikan, Kelompok Raden Anom Wirasuta PMM 4 Unsika Melaksanakan Giat Kontribusi Sosial di SDN Belendung 3, Karawang

Rabu, 10 Juli 2024 | Juli 10, 2024 WIB Last Updated 2024-07-10T07:17:28Z

 



HOTNASIONAL.COM, KARAWANG - Senin, 3 Juni 2024, kelompok Raden Anom Wirasuta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 Universitas Singaperbangsa Karawang melaksanakan giat Kontribusi Sosial di SDN  Belendung 3. Sekolah tersebut terletak di jalan Pundong, Desa Belendung, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.


Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah salah satu program unggulan dari KEMENDIKBUDRISTEK guna merealisasikan Merdeka Belajar yang gaungkan oleh Menteri Nadiem Makarim, yang selanjutnya kegiatan tersebut kerap disebut dengan sebutan PMM yang pada tahun ini memasuki angkatan ke empat. Seperti judulnya, konsep kegiatan ini berpusat pada mahasiswa yang bertukar antar kampus yang berbeda pulau guna mempelajari kehidupan, budaya, juga adat istiadat daerah setempat. PMM memiliki kegiatan inti yakni kegiatan Modul Nusantara yang berjumlah 16 kegiatan dengan empat sub tema yakni 8 kegiaan kebinekaan, 5 kegiatan refleksi, 2 kegiatan inspirasi, dan 1 kegiatan kontribusi sosial.



Pada kesempatan kali ini, kelompok yang dibina oleh Dosen Modul Nusantara yakni ibu Indah Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd. melaksanakan kegiatan Kontribusi Sosial di SDN Belendung 3. Kegiatan ini diikuti oleh 20 anggota kelompok, Dosen Modul Nusantara, Koordinator Perguruan Tinggi Penerima, mentor, juga beberapa pengelola PMM 4 Unsika. Kegiatan tersebut terlaksana dalam satu hari, yakni pada hari Senin tanggal 3 Juni 2024.


Kelompok yang beranggotakan 20 mahasiswa melaksanakan tiga kegiatan di tempat dan hari yang sama. Mereka dibagi menjad tiga divisi yakni divisi sosialisasi anti bullying yang menyosialisasikan bahaya juga pencegahan sikap bullyng yang kerap terjadi di lingkungan sekolah, lalu divisi dongeng yang berbagi cerita menarik dan inspiratif kepada siswa sekolah dasar, terakhir ada divisi menggambar yang mengajak siswa kelas 1 untuk menemukan bakatnya dalam menggambar. Mahasiswa juga mengajak siswa sekolah dasar untuk bermain bersama, bertukar cerita sembari memberikan motivasi kepada mereka agar mneruskan pendidikan setinggi mungkin.


“Saya sangat senang bisa ikut berkontribusi pada kegiatan hari ini, bisa belajar menjadi pendidik juga bisa bermain sambil belajar di SDN Belendung 3 ini” Ujar Laila, mahasiswa asal Gorontalo yang juga menjadi ketua kelompok.




Setiap kegiatan Modul Nusantara yang ada memiliki maksud dan tujuannya masing-masing, termasuk kegiatan Kontribusi Sosial kali ini yang bertujuan mengenalkan kepada para mahasiswa betapa pentingnya berkontribusi dalam dunia pendidikan, juga menambahkan rasa semangat dan peduli terhadap sesama.


“Ya kami berharap agar para mahasiswa memiliki jiwa sebagai pendidik, dan kami juga berharap para mahasiswa memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama yang baik dengan ikut berkontribusi di lingkungan sosial” Tambah wanita yang kerap disapa Bunda Indah tersebut.

           

×
Berita Terbaru Update