Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hasil 'Kumpul-kumpul' Koalisi Indonesia Maju di Markas Partai Golkar

Jumat, 15 September 2023 | September 15, 2023 WIB Last Updated 2023-09-15T08:30:16Z

 



HOTNASIONAL.COM, JAKARTA - Para ketua umum (ketum) Koalisi Indonesia Maju (KIM) melakukan pertemuan di DPP Partai Golkar di Kemanggisan, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023).

Seperti diketahui, Koalisi pengusung bacapres Prabowo Subianto atau dikenal dengan nama Koalisi Indonesia Maju (KIM) terdiri dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar. Sosok Prabowo sebagai bacapres juga didukung oleh partai nonparlemen yaitu Partai Bulan Bintang, Partai Gelora, dan Partai Garuda.

Pertemuan ini akan dihadiri oleh bacapres KIM Prabowo Subianto dan seluruh Ketum parpol pendukung.

Prabowo tiba pukul 18:34 WIB sendirian. Sementara Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPP Partai Gerindra, Sugiono datang menyusul.

Prabowo datang mengenakan setelan batik berwarna coklat kekuningan berlengan panjang. Saat tiba ia langsung disambut oleh Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang didampingi oleh Sekjen Partai Golkar Lodewijk F. Paulus, Wasekjen Partai Golkar Christina Ariyani, Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan, Erwin Aksa, Maman Abdurrahman, serta Dito Ariotedjo.

Saat ditanya awak media soal agenda pertemuan malam ini, dijawab singkat oleh Prabowo. "(Kami akan membahas) program masa depan," ucapnya di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023).

Tak berselang lama, Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra didampingi oleh Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noor tiba pada pukul 18:42 WIB, dan disambut oleh Waketum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) iba di DPP Partai Golkar pukul 19:30 WIB didampingi oleh Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto. “Kok ramai banget? Untung sudah dandan dikit,” kata Zulhas kepada wartawan di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023).

Mengenakan jaket berwarna hitam dan batik bertema warna biru, Zulhas disambut Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat Tubagus Ace Hasan Syadzily.

Zulhas menyampaikan bahwa dirinya datang telat lantaran baru selesai menyelesaikan tugasnya sebagai Menteri Perdagangan. Ia menyebut bahwa dirinya baru saja pulang dari Karawang, Jawa Barat. “Baru pulang dari Karawang, cek harga beras sama presiden,” ujar Zulhas.

Terkait pertemuan ini, Zulhas menyampaikan bahwa dirinya beserta para ketua umum partai politik lainnya sengaja berkumpul untuk mempersiapkan diri jelang Pemilu 2024. “Di dalam kita diskusi, siap-siap, kan sudah mempersiapkan agenda-agenda,” jelasnya.

Selain Zulhas dan Yandri, turut juga hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno, Ketua DPP PAN Zita Anjani, Ketua Bidang Penggalangan Suara Perempuan Komite Pemenangan Pemilu Nasional (KPPN) PAN Intan Fauzi, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay dan Ketua DPW PAN DKI Eko Hendro Purnomo atau Eko Partrio.

Parpol Pengusung Prabowo Turut Bahas Program Kerja

Pertemuan partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) Kamis malam (14/9/2023) turut membahas program kerja jelang Pemilu 2024.

Menurut Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, beberapa langkah yang akan ditempuh sudah dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Saya juga memaparkan, saya tawarkan suatu agenda bangsa ya untuk dijadikan suatu acuan, landasan untuk dibahas," kata Prabowo di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023).

Dia menjelaskan, setiap partai yang tergabung dalam KIM nantikan bakal mengirim tim pakar. Tujuannya untuk membahas 12 agenda atau program yang akan ditawarkan kepada rakyat.

"Intinya landasan kuat yang sudah dicapai oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Landasan ekonomi yang sudah kuat diakui oleh seluruh dunia, prestasi yang sudah dicapai ini, momentum ini kita akan amankan, pertahankan untuk menjadi suatu landasan untuk meneruskan pembangunan bangsa," ujar Prabowo memaparkan.

Dia memastikan, KIM telah memiliki target dan kriteria yang jelas.

"Kita sangat optimis melihat masa depan bangsa ya, posisi kita menguat terus dan kita yakin, rakyat Indonesia akan tidak lama lagi mencapai kesejahteraan yang diidam-idamkan," ujar Prabowo.

Sementara, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, pembahasan program kerja di antara parpol anggota KIM berlangsung santai.

"Tentu suasananya santai, suasananya gembira dan menentukan langkah-langkah selanjutnya," ujar Airlangga.

Ia menyebut, materi pembahasan juga meliputi agenda-agenda berkaitan dengan pendaftaran bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres).

Semboyan Masa Depan Bersama Kita

Koalisi pendukung Prabowo meretaskan program kerja jelang Pemilu 2024 calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan semboyan koalisi.

Zulhas menyambut baik 12 kebijakan calon presiden (capres) Prabowo Subianto, dikarenakan PAN sendiri mendapat nomor urut 12 dalam pemilu 2024. 

“Tadi Pak Prabowo memaparkan 12 fokus kebijakan, saya setuju banget,” kata Zulhas yang disambut gembira oleh seluruh ketua umum sekaligus kader-kader yang hadir dalam pertemuan ini.

Lebih lanjut Zulhas bercerita, dirinya juga merasa gembira selama rapat berlangsung. Sebab, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa KIM akan maju dengan semboyan masa depan bersama kita.

“Saya setuju! Masa depan bersama kita,” ujar Zulhas.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan pertemuan kali ini membahas program kerja jelang Pemilu 2024, beberapa langkah yang akan ditempuh sudah dibahas dalam pertemuan tersebut.

Dia menjelaskan, setiap partai yang tergabung dalam KIM nantikan bakal mengirim tim pakar. Tujuannya untuk membahas 12 agenda atau program yang akan ditawarkan kepada rakyat.

"Intinya landasan kuat yang sudah dicapai oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Landasan ekonomi yang sudah kuat diakui oleh seluruh dunia, prestasi yang sudah dicapai ini, momentum ini kita akan amankan, pertahankan untuk menjadi suatu landasan untuk meneruskan pembangunan bangsa," ujar Prabowo memaparkan.

Sementara, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, pembahasan program kerja di antara parpol anggota KIM berlangsung santai. Ia menyebut, materi pembahasan juga meliputi agenda-agenda berkaitan dengan pendaftaran bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres). "Tentu suasananya santai, suasananya gembira dan menentukan langkah-langkah selanjutnya," ujar Airlangga.

Tunggu Anggota Baru

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan soal adanya partai politik (parpol) yang akan bergabung dengan koalisi pengusung bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

Hal itu diungkapkan Airlanga saat pertemuan parpol koalisi pengusung bacapres Prabowo Subianto di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis malam (14/9/2023).

"Yang penting, kita tunggu ada satu partai lagi dulu," kata Airlangga.

Dia menjelaskan, parpol tersebut memiliki warna sama dengan partai yang kini sudah menjadi anggota koalisi parpol pengusung Prabowo. Namun, Airlangga masih enggan menjelaskan lebih rinci soal ciri-ciri parpol itu.

Negosiasi Bacawapres KIM Alot

Pertemuan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang digelar di DPP Golkar, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023) malam belum sampai tahap penentuan sosok bacawapres pendamping Prabowo Subianto. Negosiasi antara partai pendukung nampaknya berjalan alot.

Prabowo menyatakan koalisi masih berdiskusi dalam rangka mematangkan tokoh yang pantas dalam menduduki posisi bacawapres. Menurutnya, hal ini penting dilakukan untuk bisa mengakomodasi kriteria-kriteria yang diharapkan masing-masing parpol yang tergabung dalam koalisi.

“Mengenai wakil presiden kita juga sudah sepakat kita akan terus menggodok sesuai dengan tradisi adat kita,” kata Prabowo dalam konferensi pers yang dilakukan di DPP Partai Golkar, Kemanggisan, Jakarta Barat, Kamis (14/9/2023) malam.

Prabowo menyatakan dalam situasi politik yang semakin memanas, penentuan bacawapres tidak boleh terburu-buru, jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan dengan keputusan yang tergesa-gesa.

“Musyawarah mufakat kita akan diskusi dan kita dalam suasana yang paling penting adalah kepentingan besar, kepentingan nasional (dan) kepentingan rakyat,” ujar Prabowo menjelaskan.

Pertemuan kali ini, tutur Prabowo, lebih membahas pada program kerja jelang Pemilu 2024, beberapa langkah yang akan ditempuh sudah dibahas dalam pertemuan tersebut.

Dia menjelaskan, setiap partai yang tergabung dalam KIM nantikan bakal mengirim tim pakar. Tujuannya untuk membahas 12 agenda atau program yang akan ditawarkan kepada rakyat.

"Intinya landasan kuat yang sudah dicapai oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Landasan ekonomi yang sudah kuat diakui oleh seluruh dunia, prestasi yang sudah dicapai ini, momentum ini kita akan amankan, pertahankan untuk menjadi suatu landasan untuk meneruskan pembangunan bangsa," ucap Prabowo.***

(sumber : westjavatoday.com)

×
Berita Terbaru Update