Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Jika Cak Imin Dijadikan Bacawapres, Keluarga Gus Dur Tegaskan Tolak Dukung Prabowo

Sabtu, 12 Agustus 2023 | Agustus 12, 2023 WIB Last Updated 2023-08-13T17:18:13Z



HOTNASIONAL.COM, JAKARTA - Yenny Wahid putri dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan tegas mengatakan bahwa keluarga dan Gusdurian, pengikut Gus Dur tak akan memberikan dukungan pada Prabowo Subianto jika memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai Cawapresnya.

Namun Yenny mengatakan, pihaknya tidak mempermasalahkan jika PKB Muhaimin atau Cak Imin menjadi pengusung Prabowo di Pilpres 2024.

Dilansir dari Kompas TV, akan tetapi jika Prabowo berpasangan dengan Cak Imin di Pilpres 2024, Yenny memastikan bahwa Prabowo tidak akan menerima dukungan dari keluarga Gus Dur dan Gusdurian.

"Kita tetap baik dengan Pak Prabowo, tapi mungkin akan susah untuk mendukung Pak Prabowo menjadi presiden kalau pendampingnya adalah Cak Imin," ujar Yenny.

"Tapi kalau sama-sama sebagai pengusung saja tidak masalah. Tapi kalau pendamping lain urusan, agak berat itu," sambung Yenny.

Direktur Wahid Institute Yenny Zannuba Wahid atau Yenny Wahid mengungkapkan dukungan keluarga dan pendukung Gus Dur kepada Prabowo sudah pernah dilakukan pada Pemilu 2009.

Ketika itu Partai Gerindra mendapat limpahan suara dan membuat PKB yang dipimpin Cak Imin kehilangan 70 persen suara.

"Representasi suara NU (Nahdlatul Ulama) di PKB justru lebih kecil dibanding suara NU di Gerindra. PKB Gus Dur mengalihkan suara untuk Gerindra, maka suara Gerindra naik di Jawa Timur. Suara PKB Cak Imin turun 70 persen," ujar Yenny.

Menurut Yenny bahwa PKB Gus Dur berbeda dengan PKB Cak Imin. Mulai dari corak politik, karakter politik, hingga yang diperjuangkan.

"Gus Dur pendiri partai orang yang dikatakan Cak Imin sebagai guru politiknya, malah dikudeta. Apalagi rakyat. Susah kan mau memilih pemimpin seperti itu nanti," ujar Yenny.

Yenny percaya bahwa Prabowo sudah mengerti posisi keluarga Gus Dur dalam menyikapi PKB Cak Imin di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Dan apabila Yenny diajak menjadi tim sukses Prabowo yang menggandeng Cak Imin sebagai Cawapres.

Dengan tegas Yenny akan menolak mentah-mentah jika ditunjuk sebagai tim sukses Prabowo-Muhaimin.

"Saya jawab saja langsung biar tidak ada spekulasi, itu tidak mungkin. Jangan sampai Pak Prabowo berpikir. Ini langsung ke Pak Prabowo nih, tidak mungkin ya Pak Prabowo ya," ujar Yenn

Dia menyebut perilaku Cak Imin yang mengudeta Gus Dur di PKB adalah alasan kuat untuk tidak mendukung sepupunya itu.

"Susah, terlalu susah bagi kami terlalu lama, ini terlalu dalam yang sudah terjadi," kata Yenny dalam acara Rosi di Kompas TV, dikutip pada Jumat (11/8/2023).***

×
Berita Terbaru Update