Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Saksikan Video Situasi di Pintu 13 Kanjuruhan, Anggota TGIPF: Mengerikan Sekali

Senin, 10 Oktober 2022 | Oktober 10, 2022 WIB Last Updated 2022-10-10T14:17:38Z

 

HOTNASIONAL.COM, Jakarta - Salah satu titik terburuk dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang berada di sekitar Tribun 13. Bahkan situasi mencekam di Pintu 13 bukan lagi hanya dibuktikan lewat video amatir serta kesaksian suporter, tetapi juga oleh anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF).

Hal ini seperti yang disampaikan Nugroho Setiawan dalam video unggahan kanal YouTube KompasTV, dipantau pada Senin (10/10/2022).

"Tadi saya sempat melihat rekaman CCTV kejadian, khususnya di pintu 13. Mengerikan sekali," ujar Nugroho.

Dia menggambarkan kondisi di lokasi, dan menilai Pintu 13 seharusnya dalam keadaan terbuka. 

"Tapi sangat kecil. Yang itu seharusnya pintu untuk masuk, tapi terpaksa menjadi pintu keluar," sebutnya. 

Pintu yang sempit itu pun tak mampu mengatasi desakan para suporter yang ingin segera keluar karena Stadion Kanjuruhan sudah berselimut gas air mata yang ditembakkan polisi.

"Situasinya adalah orang itu berebut keluar sementara sebagian sudah jatuh, pingsan, terhimpit, terinjak, karena efek dari gas air mata," terang Nugroho.

"Jadi miris sekali, saya melihat detik-detik beberapa penonton yang tertumpuk dan meregang nyawa. Terekam sekali di CCTV," dia menambahkan.

Dari hasil pemeriksaan CCTV itu, Nugroho memang sempat menyebutkan soal penggunaan gas air mata. Namun, tidak bisa dipungkiri, Stadion Kanjuruhan sendiri sebenarnya tidak siap untuk dijadikan tempat penyelenggaraan pertandingan sepak bola berisiko tinggi.

"Stadion ini tidak layak untuk menggelar pertandingan high risk match. Artinya, untuk high risk match kita harus membuat kalkulasi yang sangat konkret, misalnya adalah bagaimana cara mengeluarkan penonton pada saat keadaan darurat. Sementara di Stadion Kanjuruhan, pintu masuk juga digunakan sebagai pintu keluar, itu pun tidak memadai. Kemudian tidak ada pintu darurat," papar Nugroho.  

×
Berita Terbaru Update