Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PSSI Jajaki Kerja Sama dengan KNVB, Ajax dan Feyenoord

Selasa, 18 Oktober 2022 | Oktober 18, 2022 WIB Last Updated 2022-10-18T02:23:35Z


HOTNAISONAL.COM, Bandung - Selain memantau pemain keturunan, delegasi Indonesia yang bertolak ke Belanda dua pekan lalu juga menjajaki kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) serta dua klub Belanda yakni Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

Delegasi PSSI yang diwakili oleh Direktur Teknik Indra Sjafri, Coach Jongjin Kim, dan Utusan Khusus Hamdan Hamedan mengunjungi KNVB pada Sabtu (8/10). 

Di sana delegasi PSSI disambut oleh Manejer Hubungan Internasional Michael van der Star serta kedua koleganya yang membidangi tim nasional dan pemasaran.

Selain bertukar ide terkait best-practices di bidang Scouting, Coach Education, Youth Development, Sepakbola Wanita dan “Pengelolaan Timnas” - kedua pihak juga menjajaki potensi training camp di Belanda serta pertandingan uji coba antara tim U-20 Indonesia melawan tim U-20 Belanda.

“Klub berperan kunci, lewat scouting network, dalam mencari pemain di Belanda dengan mengerahkan banyak scout ke berbagai pertandingan usia muda." ujar Indra Sjafri dalam rilis, Senin (17/10/2022).

"Tak kalah penting, sertifikasi pelatih berperan dalam menjamin kualitas pelatih dan memaksimalkan potensi pemain muda yang dilatih,” dia menambahkan.

Selain itu, delegasi PSSI mengadakan pertemuan dengan dua klub papan atas Belanda yakni Ajax dan Feyenoord. 

Pembahasan dengan dua klub tersebut mencakup pengelolaan akademi, kurikulum sepak bola, dan potensi pemain Indonesia bermain di kedua klub tersebut.

“Saya tertarik mengajak Ajax untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan trial di sana,” pungkas Indra Sjafri. 

Timnas U-20 Lakukan Pemusatan di Turki dan Spanyol
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan melepas pemain U-20 yang akan melakukan pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Kloter pertama yang mayoritas diisi pemain dan tim pelatih sudah mendarat di Turki. 

Sedangkan kloter kedua menyusul pada Minggu (16/10) dan hanya menyisakan 6 pemain dan dokter tim.

‘’Saya ingin selama mereka melakukan pemusatan latihan di Turki dan Spanyol bisa jaga diri. Ikuti instruksi pelatih dan jangan berbuat aneh-aneh yang bisa mencoreng tim maupun bangsa Indonesia secara keseluruhan,’’ kata Iriawan.

Iriawan juga berharap selama dua bulan di Turki dan Spanyol, skill dan mental pemain bisa terasah. Sebab, mereka selain akan menjalani pemusatan latihan juga akan menghadapi tim dari negara-negara tangguh yang juga ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan.

‘’Harapan saya demikian. Kita harus paham bahwa Piala Dunia U-20 nanti kita menghadapi tim-tim yang kuat. Itu sebabnya kita harus siap,’’ ujarnya.

Seperti diketahui sebanyak 34 pemain tim U-20 Indonesia disiapkan pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan kali ini. Sebelumnya skuad Garuda Nusantara ini menjalani latihan terlebih dahulu di Jakarta. 

"Setelah lolos ke Piala AFC U-20 2023, tim U-20 Indonesia kami programkan untuk menjalani pemusatan latihan di Turki dan Spanyol. Pemain harus bekerja keras, disiplin, fokus dan meningkatkan kemampuannya," kata Shin Tae-yong.

×
Berita Terbaru Update