Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkab Sumedang Sikapi Serius Fenomena Kenakalan Remaja

Jumat, 14 Oktober 2022 | Oktober 14, 2022 WIB Last Updated 2022-10-14T06:42:36Z

 


HOTNASIONAL.COM, Sumedang - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumedang  berencana memberikan edukasi langsung ke setiap sekolah baik tingkatan SMP ataupun SMA tentang potensi-potensi yang dapat menimbulkan hal-hal terjadi kepada para pelajar menyikapi fenomena kenakalan remaja.

"Fenomena kenakalan remaja in disikapi serius oleh Pemda Kabupaten Sumedang," kata Kepala Bakesbangpol Sumedang Asep Tatang Sujana dalam keterangannya, dikutip Jumat (14/10/2022).

Ia menuturkan, adapun edukasi yang dilakukan berkaitan dengan bahaya narkoba, bullying, mengikuti organisasi yang salah, maupun tawuran antar pelajar. Menurutnya, jika hal-hal tersebut dibiarkan di lingkungan, maka akan melahirkan karakter yang buruk.

"Salah satu edukasi yang bisa dilakukan adalah bagaimana caranya misalkan Camat bisa menjadi pembina apel di upacara bendera hari senin di sekolah. Kemudian kami juga akan agendakan pak bupati dan pak wakil supaya melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, hal ini dilakukan sebagai wujud kewaspadaan dini ditingkat daerah dan guna menindaklanjuti hal-hal yang bisa menghambat roda pemerintahan. Oleh sebab itu bilamana para pelajar sudah mengetahui akan bahaya-bahaya yang mengancam masa depannya dapat diantisipasi, para pelajar dapat kembali ke jalan yang benar.

Pasalnya pengaruh buruk media sosial dan percepatan penyebaran informasi sangat mempengaruhi tindakan pelajar. 

"Sebagai contoh, anak SMP yang sudah terlibat pelanggaran hukum yang seharusnya secara logis belum masuk di seusianya. Ini memang akibat penyebaran informasi yang sering dilihat, namun secara logika dilarang, dilakukan. Sehingga proses-proses yang tidak seharusnya seperti ikut geng motor, ini tidak boleh terjadi lagi," tutup Asep.   

×
Berita Terbaru Update