Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pemkab Sumedang Siapkan 610 Hektare untuk KEK Wisata di Jatigede

Jumat, 02 September 2022 | September 02, 2022 WIB Last Updated 2022-09-02T06:39:44Z


HOTNASIONAL.COM, Sumedang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang menyiapkan areal seluas 610 hektar di kawasan timur Bendungan Jatigede, untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) wisata. Areal di sebelah timur Jatigede dipilih karena paling strategis.

"Lahan drluas 610 hektar di kawasan timur Jatigede KEK akan diwujudkan. Daerah ini dipilih karena aksesnya bisa ke mana-mana dan dari mana-mana. Bisa ke Wado tembus Garut, Tasikmalaya, juga bisa ke Kadipaten (Majalengka), aksesibilitas itu prasyarat," kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, dalam rilis, Kamis (1/9/2022).

Menurut Dony, Pemkab Sumedang terus mengembangkan kawasan Jatigede sebagai KEK wisata. Caranya, dengan meningkatkan kualitas jalan Lingkar Utara, yang terhubung langsung dengan jalan provinsi.

"Jadi nanti setelah Jalan Lingkar, langsung jalan besar, tinggal 7 kilometer lagi yang sedang diperbaiki," ujar bupati.

Pihaknya, kata Dony, sudah menyiapkan rancangan KEK wisata Jatigede. Ia menggambarkan, nantinya bakal ada hotel, lapang golf, resort dan flower park.

"Kami sudah siapkan zonasinya, sudah ada rancangannya. Itu mimpi besar kami," ucapnya.

"Kami sudah siapkan zonasinya, sudah ada rancangannya. Itu mimpi besar kami," imbuh Dony.

Sementara, hal lain yang dilakukan pemerintah saat ini adalah memperbanyak destinasi wisata di kawasan Jatigede. Baru-baru ini, Masjid Al-Kamil yang megah, di Panenjoan Desa Jemah Kecamatan Jatigede, baru saja dioperasionalkan. 

Kemudian dalam waktu dekat, terhubung dengan masjid, Menara Kujang Sapasang setinggi 99 meter juga siap dipasang.

"Saat ini informasinya sedang dirakit, jadi pas kesini nanti tinggal dipasang. Saya memprediksi, kalau Kujang Kembar beres akan lebih banyak kunjungan wisatawan," kata Dony. 

×
Berita Terbaru Update