Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

OJK Sebut Aduan Masyarakat soal Asuransi Paling Banyak

Rabu, 14 September 2022 | September 14, 2022 WIB Last Updated 2022-09-14T04:14:05Z

HOTNASIONAL.COM-- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan sektor asuransi menjadi lini bisnis di industri keuangan non bank yang paling banyak mendapat keluhan dari masyarakat.
Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono mengatakan salah satu yang menjadi aduan masyarakat adalah produk asuransi, yakni unit link.

Selain itu, OJK juga sering mendapatkan aduan dari pemegang polis beberapa perusahaan asuransi. Beberapa contohnya, seperti Jiwasraya, AJB Bumiputera 1912, Kresna Life, dan WanaArtha Life.



"Kalau yang menyangkut pengaduan ke IKNB menyangkut produk asuransi itu paling banyak, baik itu unit link maupun para pemegang polis, khususnya itu di Jiwasraya, kemudian Bumiputera, kemudian Kresna Life dan WanaArtha Life," ujar Ogi dalam konferensi pers di Wisma Mulia 2, Selasa (13/9).

Mayoritas pemegang polis, sambung Ogi, meminta kejelasan mengenai pembayaran klaim dari perusahaan asuransi. Dari pengaduan tersebut, beberapa sudah diproses oleh OJK melalui komunikasi dengan perusahaan bersangkutan.

Ogi menjelaskan pihaknya akan langsung melakukan penelitian terhadap seluruh pengaduan masyarakat terhadap industri jasa keuangan. Setelah itu, OJK akan memanggil perusahaan yang diadukan oleh pemegang polis.


"Misalnya menjual produk unit link, kami tanya mengenai permasalahan tersebut, kenapa kok bisa sampai tidak dilakukan penyelesaian," kata dia.

Menurut Ogi, terdapat tiga tahapan yang bakal dilakukan OJK dalam menangani aduan masyarakat. Mulai dari penelitian masalah, pemanggilan perusahaan, hingga proses pengadilan.

"Jika dalam beberapa proses tetap tidak menyelesaikan masalah pengaduan, maka kami arahkan ke proses pengadilan," tutup Ogi.


Sumber : cnnindonesia.com

×
Berita Terbaru Update