Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kejar Pelaku Vandalisme, Pemkot Gelar Sayembara 'Bandung Mencari Raihan'

Kamis, 29 September 2022 | September 29, 2022 WIB Last Updated 2022-09-29T06:27:32Z

 


HOTNASIONAL.COM, Bandung - Lawan aksi vandalisme, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengadakan sayembara lewat program Bandung Mencari Raihan (Mencari Hadiah Jutaan). 

Pemkot menyediakan hadiah Rp 5 juta bagi warganya yang bisa merekam dan melaporkan tindakan vandalisme.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana mengatakan sayembara melawan vandalisme itu tak memiliki batas waktu. Penutupan sayembara setelah akan dilakukan setelah ada warga yang mampu merekam dan melaporkan aksi vandalisme.

"Ya sampai dapat pemenangnya. Total lima pemenang ya, masing-masing Rp 1 juta" kata Yayan, Kamis (29/9/2022).

Yayan mengatakan tahun lalu pihaknya menggelar sayembara dengan pola sama. Walhasil, seorang pelaku vandalisme berhasil ditangkap.

Ia memastikan anggaran sayembara ini tak bersumber dari APBD. Pihaknya bekerja sama dengan masyarakat untuk mengadakan sayembara melawan vandalisme. Hadiah sayembara berasal dari donasi salah seorang warga.

"Jadi kita berkolaborasi dengan masyarakat. Ada masyarakat yang ingin membantu, prihatin dan sudah kesal. Kotanya sudah indah, tapi dicoret-coret. Jadi bukan dari APBD," kata Yayan.

Yayan juga menjelaskan tentang alasannya membuka sayembara bagi masyarakat. Selain melibatkan peran aktif masyarakat dalam menjaga keindahan kota, ia tak menampik adanya kesulitan menangkap pelaku vandalisme.

"Ya gitu, kucing-kucingan. Kalau sudah dijaga Satpol PP dan Linmas, mereka menghilang. Kalau ada (petugas), mereka melakukan. Jadi, kita pakai media sosial (medsos) melalui sayembara," kata Yayan.

Sebelumnya, Pemkot Bandung melalui Instagram @humas_bandung membuat program Bandung mencari Raihan. Raihan di sini merupakan singkatan dari Raih Hadiah Jutaan.

Hadiah jutaan ini akan diberikan Pemkot Bandung kepada warga yang berhasil merekam dan melaporkan aksi vandalisme di wilayah Kota Bandung.

Seperti diketahui, aksi vandalisme khususnya yang meusak fasilitas publik kerap terjadi di Kota Bandung. Melalui challenge ini, Pemkot Bandung akan berikan hadiah bagi warga yang melihat langsung aksi vandalisme.

Cara ikut Bandung Mencari Raihan:

1. Kirim video bukti beserta keterangan (waktu, lokasi) ke DM Instagram @humas_bandung atau email humasbdgdrive@gmail.com.
2. Kiriman akan diverifikasi kebenarannya. Identitas pengirim aman dan akan dirahasiakan!
3. Jika terbukti, pelaku akan diberi hukuman sesuai peraturan hukum yang berlaku.
4. Akan ada hadiah Total 5 Juta untuk 5 Orang Pelapor yang terverifikasi!

Yuk wargi Bandung, laporkan dan dapatkan hadiah dan juga kejutan Bandung Mencari Raihan!.

×
Berita Terbaru Update