Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hari-hari Terakhir Sebelum Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

Jumat, 09 September 2022 | September 09, 2022 WIB Last Updated 2022-09-09T04:09:00Z

HOTNASIONAL.COM, JAKARTA -- Pemimpin monarki terlama Inggris, Ratu Elizabeth II, meninggal dunia di usia 96 pada Kamis (8/9).
Pihak kerajaan Inggris menyatakan Sang Ratu mangkat di Istana Balmoral di Aberdeenshire, Skotlandia, pada Kamis sore waktu setempat.

Ratu Elizabeth II yang naik takhta pada 1952 silam setelah kematian ayahnya, Raja George VI, merupakan pemimpin terlama di kerajaan Inggris. Kini dia menyusul suaminya, Pangeran Philip, yang wafat lebih dulu pada April tahun lalu.

Sebelum wafat, Ratu Elizabeth II dilaporkan telah mengalami penurunan kesehatan sebelumnya. Dia juga sempat dilaporkan terpapar Covid-19.


Mengutip dari CNN, kali terakhir Ratu Elizabeth tampil ke muka publik adalah pada Selasa (6/9) ketika secara formal menetapkan Liz Truss sebagai perdana menteri baru Inggris. Truss adalah perdana menteri ke-15--dan terakhir--yang ditunjuk Ratu Elizabeth sebelum mangkat.

Sebelumnya, perhatian terhadap kesehatan Sang Ratu mulai menguat ketika dia dilaporkan masuk rumah sakit pada Oktober tahun lalu. Dan, kekhawatiran itu makin menguat pada Rabu (7/9), ketika Istana Buckingham mengumumkan Sang Ratu menunda pertemuan virtual karena harus beristirahat berdasarkan nasihat dokter.

Kemudian pagi keesokan harinya, Istana mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth dalam pengawasan ketat medis, tapi dia 'nyaman' di Balmoral. Meskipun demikian, hal itu tak menutup kondisi riil Ratu Elizabeth. Pasalnya, keluarga kerajaan--terutama anaknya Pangeran Charles--segera mendatangi Istana Balmoral.

Charles dan istrinya, Camila, dilaporkan buru-buru ke Balmoral pada Kamis dini hari lalu. Sementara anak Ratu Elizabeth yang lain, Putri Anne, sudah berada di sana lebih dulu.

Cucu dari Ratu Elizabeth yang juga putra sulung Charles, Pangeran Wiliam dan istrinya, tiba di Balmoral pada Kamis petang. Begitupun dua putra Ratu Elizabeth yang lain yakni Pangeran Andrew dan Pangeran Edward beserta istrinya, Sophie.



Sementara itu, putra kedua Charles, Pangeran Harry tiba di Balmoral beberapa saat setelah pengumuman kematian Ratu Elizabeth diumumkan. Sementara itu istri Harry, Meghan, tak turut serta bersamanya.

Wafatnya Ratu Elizabeth ini terjadi sekitar tujuh bulan setelah dia merayakan 70 tahun bertakhta di kerajaan Inggris. Kerajaan Inggris merayakan 70 tahun tahta atau platinum jubilee pada Juni lalu, dan Ratu Elizabeth pun terlihat beberapa kali di London.

Kini setelah Ratu Elizabeth meninggal, Charles pun naik takhta menjadi Raja Inggris. Sementara Pangeran William akan menjadi penerus pertama takhta kerajaan Inggris selanjutnya.


Sumber : cnnindonesia.com

×
Berita Terbaru Update