Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Plt. Bupati Bekasi Memastikan Musrenbang Usulan Masyarakat Melalui Pemerintah Desa, dan Forum Musrenbang Kecamatan Agar Direalisasikan

Selasa, 15 Februari 2022 | Februari 15, 2022 WIB Last Updated 2022-02-15T13:28:16Z
CIKARANG PUSAT, HELOBEKASI.COM - Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, meminta kepada jajaran pimpinan di tingkat kecamatan untuk memprioritaskan usulan pembangunan yang dirasa mendesak. Hal itu dikatakan saat menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan Kabupaten Bekasi, yang dilakukan secara virtual dengan 3 Kecamatan sekaligus yakni Kecamatan Tambun Selatan, Cibitung dan Cikarang Barat, pada Selasa (15/2). 


"Yang terpenting, semangat dari Kades untuk mengusulkan apa yang sekiranya mendesak. Jika ada yang tidak diusulkan, bisa gunakan dana desa dulu atau bisa dengan dana swadaya dari masyarakat." tuturnya.


Dalam sambutannya, Plt. Bupati Bekasi memastikan terkait Musrenbang ini bahwa usulan-usulan yang telah disampaikan masyarakat melalui Pemerintah Desa, dan Forum Musrenbang Kecamatan agar dapat direalisasikan, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku mengenai tahapan-tahapan perencanaan pembangunan.
“Saya akan memastikan bahwa usulan yang datang dari masyarakat kepada para camat ini bisa diselesaikan di tahun berkenaan, tentu harus sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku mengenai tahapan perencanaan pembangunan,” ucapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Camat dari masing-masing Kecamatan menyampaikan usulan prioritas pembangunannya. Seperti Camat Tambun Selatan, Junaefi, menyampaikan usulan prioritas Kecamatan Tambun Selatan pada tahun 2023, yakni penertiban bangunan liar di beberapa jalan dan pasar, infrastruktur perbaikan jalan utama, pelebaran jalan penghubung antar desa, pengaturan lalu lintas, drainase dan pembangunan ruang kelas sekolah baru. Diharapkan, seluruh usulan tersebut dapat teralisasi, mengingat terwujudnya cipta kondisi masyarakat yang nyaman.


“Kami sebelumnya berterimakasih atas pernormalisasian kali di Tambun Selatan, dan juga berharap adanya salah satu realisasi yakni penertiban bangunan liar di Jalan Kali Baru dan pelebaran Jalan Kali Baru,” ujarnya.


Tak hanya itu, Camat Cibitung, Encun Sunarto mengusulkan pembangunan infrastruktur jalan yang rusak, saluran air, jembatan, perbaikan total beberapa sekolah SD Negeri dan SMP Negeri, penanganan banjir, kemacetan lalu lintas serta permasalahan sampah rumah tangga dan rehab Puskesmas.

“Permasalahan yang telah kami usulkan tersebut, semoga dapat diterima dan dipertimbangkan oleh Pemerintah Daerah. Ya salah satunya, pembangunan jalan Kabupaten di Jalan Raya Bosih sepanjang 5 kilometer,” katanya.


Terakhir, Camat Cikarang Barat, Doddy Gandi mengusulkan adanya pembukaan akses yang langsung terhubung dengan kawasan-kawasan industri, agar masyarakat lebih mudah menjangkau, perbaikan drainase, perbaikan gedung sekolah, fasilitas kesehatan serta lapangan pekerjaan bagi masyarakat karena tingginya tingkat urbanisasi. Ia berharap, adanya sinergitas Pemerintah Daerah dengan berbagai pihak kawasan agar rencana yang sudah diusulkan dapat direalisasikan.
“Yang paling utama adalah pembukaan akses jalan untuk masyarakat ke kawasan industri karena mereka harus memutar jauh, kemudian pelebaran jembatan Kp. Rawa Palangan Desa Telaga Murni, perbaikan drainase U-Ditch Desa Danau Indah, perbaikan gedung sekolah, serta fasilitas kesehatan,” katanya.


Pada kegiatan Musrenbang virtual kali ini, hadir pula ditempat terpisah Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi, jajaran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Tim Monitoring Musrenbang.

Reporter: RSM
Editor: fiu
×
Berita Terbaru Update