Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Anies-RK Sulit Maju Pilpres 2024 Terganjal Fulus dan Akses

Minggu, 20 Februari 2022 | Februari 20, 2022 WIB Last Updated 2022-02-20T12:11:18Z

 



JAKARTA, HOTNASIONAL.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bermain sepakbola bersama di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Rabu (6/2/2022) sore

Wakil Ketua Umum Partai Gelora, Fahri Hamzah menyoroti pertemuan keduanya.

Lewat akun twitter-nya, Fahri berseloroh jika keduanya tak memiliki modal atau fulus. Dia pun mendoakan agar Anies dan Ridwan Kamil atau RK mendapat tiket gratis di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Dua-duanya kayaknya gak punya fulus, Kita doakan dapat tiket gratis," kata Fahri dalam cuitannya, pada Kamis 17 Februari 2022.

Lebih lanjut, mantan Wakil Ketua DPR itu menyebut bahwa saat ini banyak potensi besar dari generasi muda yang memiliki kemampuan memimpin. Sayangnya, kata dia, banyak di antara mereka tak bisa maju dalam Pilpres karena tak memiliki akses.

Fahri mengaku menyayangkan jika sosok seperti Anies dan Ridwan Kamil mengalami kondisi demikian karena akses tersebut saat ini hanya dipegang oleh segelintir orang.

"Sangat menyedihkan ketika kita melihat Anies Baswedan dan Ridwan Kamil mencoba untuk menawarkan diri kepada bangsa ini tapi mereka tahu mereka tidak punya jalan karena semuanya dikuasai oleh segelintir orang," katanya.

Keterbatasan yang dimaksud Fahri merujuk pada ambang batas pencalonan presiden atau presidential treshold 20 yang berlaku saat ini. Lewat ketentuan itu, seseorang diketahui hanya bisa maju dalam Pilpres jika mendapat dukungan 20 persen suara partai politik di parlemen.

Padahal, kata Fahri, UUD 1945 menghendaki agar pada putaran pertama, seseorang yang ingin maju menjadi calon presiden bisa difasilitasi.

"Baru pada putaran kedua terseleksi tinggal dua nama itu tidak ada masalah karena pada dasarnya semua pertandingan begitu," katanya.

Diketahui nama Anies dan RK  masuk dalam jajaran peringkat teratas sosok Calon presiden potensial  2024. Meski kerap mempunyai elektabilitas  tinggi keduanya bukan merupakan kader partai politik sehingga sampai saat ini belum mendapat dukungan dari partai.

Anies dalam sejumlah kesempatan belum mengkonfirmasi apakah dirinya siap mencalonkan diri di Pilpres 2024 kelak. Sementara, RK menyatakan dirinya siap lahir-batin untuk maju dalam kompetisi tersebut.***

×
Berita Terbaru Update