Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Mahasiswi Padang Berinovasi Ciptakan Camilan Es Krim Jamur Tiram

Jumat, 10 Desember 2021 | Desember 10, 2021 WIB Last Updated 2021-12-10T14:50:10Z


PADANG,HOTNASIONAL.COM - 
Berawal dari budidaya jamur tiram, seorang mahasiswi di Kota Padang, Sumatera Barat sukses mengolah jamur tiram menjadi kuliner es krim jamur. Selain berkhasiat untuk meningkatkan imun tubuh dan menyehatkan, es krim jamur ini juga cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet. 

Memanfaatkan ruang belakang rumahnya, Tuti Asih, mahasiswi Universitas Negeri Padang ini sukses menciptakan kuliner sehat dari hasil budidaya jamur tiram yang dikelola di rumahnya di daerah Kuranji, Kota Padang. 

Dalam sehari Tuti bisa memanen hingga 50 kilogram jamur tiram yang kemudian diolah menjadi kuliner es krim dan dessert. Es krim jamur tiram buatan Tuti ini terdiri dari beberapa varian rasa: alpukat, nanas, cokelat, dan vanila. 

Es krim ini kemudian di pasarkan secara online melalui media sosial dan sejumlah minimarket yang ada di sekitar rumahnya. 

Proses pembuatan es krim jamur tiram ini cukup sederhana, dengan menyediakan bahan-bahan pembuat es krim seperti campuran susu kental manis, susu bubuk, susu cair, dan gula pasir yang kemudian dipanaskan dan dicampur tepung maizena dan selanjutnya dibekukan di dalam lemari pendingin.

Jamur tiram yang telah dipanen kemudian dibersihkan dan direbus hingga setengah matang sebelum dihaluskan dengan blender untuk diambil saripatinya. Saripati ini kemudian diaduk bersama bahan pembuat es krim yang telah dibekukan.

Dalam satu hari, Tuti bisa menjual hingga 500 cup es krim jamur tiram dari berbagai varian rasa dengan harga jual dari Rp3.000 hingga Rp35 ribu per kapnya. 

Selain berkhasiat meningkatkan imun tubuh karena kaya akan protein dan kandungan gizi, es krim jamur ini juga cocok bagi anda yang tengah menjalankan program diet, dan anak-anak. 

Bisnis es krim jamur buatan Tuti semakin melejit di tengah masa pandemi karena banyak yang mengincar kuliner peningkat imun tubuh ini, menjadikannya laris manis di pasaran

×
Berita Terbaru Update