Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

4 Pemain Terpapar Covid-19, Timnas Malaysia Terancam Mundur dari Piala AFF 2020?

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB Last Updated 2021-12-11T12:37:32Z


JAKARTA, HOTNASIONAL.COM
Malaysia berada dalam situasi mengkhawatirkan di Piala AFF 2020. Rival Timnas Indonesia di babak grup itu, sudah kehilangan empat pemainnya karena teridentifikasi terpapar virus Covid-19.

Malaysia sendiri saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan torehan enam poin usai menang 3-1 atas Kamboja dan 4-0 atas Laos.

Namun siapa sangka, di balik hasil positif tersebut Malaysia kehilangan banyak pemain karena cedera dan dua pemain Harimau Malaya dinyatakan positif Covid-19 dan terancam absen cukup lama.

Terbaru dua pemain Malaysia yakni Akhyar Rashid dan Quentin Cheng dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes swab, Kamis (9/12/21). Tes dilakukan usai Malaysia menumbangkan Laos 4-0 pada pertandingan kedua Grup B Piala AFF 2020.

Sebelumnya striker Malaysia, Faisal Halim dan penjaga gawang Khairulazhan telah dipastikan terpapar virus Corona. Kini total sudah empat pemain yang terpapar virus Covid-19 di skuat Malaysia.

Melansir dari laman Stadium Astro, pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe mengaku pasrah jika timnya tidak bisa menambah pemain atas krisis di skuatnya. Pasalnya, Harimau Malaya kini bermodalkan 19 pemain di Piala AFF 2020 karena Dion Cools belum tiba di Singapura.

Terancam Mundur dari Piala AFF 2020

Tentunya situasi yang dialami Malaysia tidak ideal mengingat lawan sisa mereka di Grup B Piala AFF 2020 adalah Vietnam (12 Desember) dan Timnas Indonesia (19 Desember).

Berdasarkan laporan dari sumber yang sama, Malaysia bisa saja mengundurkan diri dari Piala AFF 2020 andai keadaan makin buruk dan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) gagal mendatangkan pemain baru.

“Memang kami sudah mengajukan pergantian pemain tapi semuanya menyangkut kebijakan Pemerintah (Malaysia)," kata pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe.

"(Jadi) semua pemain, apapun posisinya, harus siap. Kami yakin semua pemain memiliki motivasi tinggi untuk mengisi kekosongan untuk menghadapi keadaan yang sulit ini," imbuhnya soal situasi sulit yang dialami Malaysia di Piala AFF 2020.

Minta Pihak AFF Izinkan Datangkan Pemain Baru Ditengah Pertandingan


Tan Cheng Hoe meminta AFF untuk membolehkan Malaysia mendatangkan pemain baru. Jika memang nyatanya tidak dibolehkan, Malaysia pun dikabarkan lebih memilih mundur.

“Kami telah mengirimkan permintaan untuk mengganti pemain. Masalah ini juga terkait dengan kebijakan pemerintah Malaysia. Semua pemain terlepas dari posisinya harus siap,” jelas Tan Cheng Hoe mengutip dari Zing News, Sabtu (11/12/2021).

Jika saja permintaan Malaysia tidak dikabulkan dan mereka benar-benar mundur, maka apakah hal itu akan memudahkan jalan Timnas Indonesia ke semifinal? 

Hal itu kemungkinan besar akan berpengaruh karena otomatis lawan berat tersisa skuad Garuda hanyalah Vietnam.

 Terdekat Timnas Indonesia akan berjumpa Laos di laga lanjutan Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu 12 Desember 2021. Skuad asuhan Shin Tae-yong diprediksi akan menang lagi seperti saat menghajar Kamboja 4-2 di laga perdana Piala AFF 2020.***

×
Berita Terbaru Update